021 - 8629472

Jalan Raya Kalimalang No. 2A jakarta Timur

triangle
About Us

Sejarah AKPINDO

Sejarah Akademi Pariwisata Indonesia (AKPINDO)

Akademi Pariwisata Indonesia ( AKPINDO ) Jakarta yang bernaung dibawah Yayasan Lembaga Bina Pendidikan Pariwisata ( YLBPP ) telah berdiri sejak tahun 1967. Namun dalam perjalanan sejarahnya, Akademi ini dirintis pendiriannya dan diasuh pada mulanya oleh Yayasan Bina Dharma hingga tahun 1983

Tahun 1983, Yayasan Bina Dharma sepenuhnya menyerahkan AKPINDO kepada YLBPP, berhubung pendiri utama Bapak Rachmat Mulia, SH pada waktu itu kesehatannya kurang baik. Beliau menyerahkan kepemimpinan Yayasan kepada generasi penerus, yaitu beberapa alumni AKPINDO untuk mengembangkan dan membina AKPINDO sesuai dengan cita-cita beliau dan tujuan pendirian AKPINDO.

Semenjak itu AKPINDO terus menata diri dan berkembang. Lulusannya sampai sekarang ini cukup banyak tersebar di seluruh wilayah tanah air, bahkan ada yang bekerja di luar negeri. Mereka bekerja di industri perhotelan, penerbangan, perusahaan perjalanan, dan kantor-kantor pemerintahaan, seperti Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata dan Dinas-Dinas Pariwisata Daerah, dan instansi-instansi yang terkait. Bahkan ada pula beberapa yang berwiraswasta dalam bidang usaha yang ada kaitannya dengan pariwisata.

Metode siap kerja dijadikan prinsip pokok dalam penyelenggaraan pendidikan di AKPINDO, sebagai salah satu pendidikan pengemban tugas menyiapkan tenaga-tenaga kerja yang terampil dan terdidik. Selain itu, AKPINDO selalu berupaya agar materi yang diajarkan dan perlatihannya benar-benar dikaitkan ( relevan ) dengan kebutuhan dunia kerja, khususnya industri pariwisata Indonesia.

Akademi Pariwisata Indonesia yang mendapat predikat sebagai pelopor pendidikan Kepariwisataan di Indonesia telah mendapatkan kepercayaan dari industri pariwisata, seperti hotel, biro perjalanan dan lain-lain. Berkat hasil kepercayaan tersebut diatas, AKPINDO tidak mengalami hambatan dalam menempatkan mahasiswanya untuk melakukan praktek kerja ( on the job training ) dan penelitian di industri-industri pariwisata, di kantor-kantor pemerintah dan swasta, yang berkaitan dengan pariwisata, baik di Jakarta maupun kota-kota lainya