Chef School

 

D3

Akademi Pariwisata Indonesia (AKPINDO) yang berlokasi di Jakarta dikelola oleh Yayasan Lembaga Bina Pendidikan Pariwisata (YLBPP). AKPINDO didirikan pada tahun 1967. Sebelumnya diselenggarakan oleh Yayasan Bina Dharma hingga 1983. Dengan ketulusan, Almarhum Rachmat Mulia,SH dan dengan tujuan agar AKPINDO berkembang lebih cepat dan lebih baik, beliau mendelegasikannya kepada para alumni pada tahun 1983. Sejak itu, manajemen YLBPP terus mengembangkan fasilitas, kapasitas dosen, jumlah mahasiswa, dan pengakuan dari Badan Akreditasi Perguruan Tinggi, yaitu BAN-PT.

 

shape

Hingga kini, para lulusan telah bekerja sebagai staf, manajer, direktur, dan pemilik bisnis pariwisata di Indonesia dan di luar negeri. Mereka bekerja di industri perhotelan, maskapai penerbangan, perusahaan perjalanan, dan kantor pemerintah, seperti Kementerian Pariwisata, Layanan Pariwisata Daerah, serta lembaga terkait.

Pelatihan langsung (Teori30%, praktek 70%) untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan, sikap, dan pengalaman diterapkan sebagai strategi utama untuk mempersiapkan kesiapan untuk bekerja. Metode-metode ini digunakan sebagai prinsip utama dalam implementasi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), dan pendidikan di AKPINDO. KKNI telah ditetapkan oleh Presiden Republik Indonesia sebagai sarana untuk mencapai hubungan dan kesesuaian antara sekolah dan tempat kerja (Link and Match) di berbagai industri, termasuk sektor pariwisata. Pada akhir perkuliahan, para mahasiswa difasilitasi mengituki proses sertifikasi oleh mitra AKPINDO sebagai Lembaga Sertifikasi yang dilisensi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Sertifikat Kompetensi ini merupakan bekal handal melamar pekerjaan di dalam dan luar negeri.

Di sisi lain, manajemen telah menjalin hubungan dengan semua industri pariwisata untuk memungkinkan mahasiswa dengan mudah mengikuti program Pelatihan Kerja (On the Job Training/OJT). Prosedur Operasional Standar (SOP) dalam melakukan OJT dimulai dari kampus oleh dosen dan pengguna akhir. Personil Sumber Daya Manusia hotel melakukan serangkaian kunjungan untuk memilih mahasiswa dan memperkenalkan semua aturan dan tata tertib yang berlaku untuk menghindari pergantian yang tidak perlu selama periode OJT. Hal ini juga dimaksudkan dalam rangka mencari bibit atau kandidat pegawai yang memiliki talenta khusus. Kerja sama semacam ini telah dilakukan secara konsisten, dan terbukti bermanfaat bagi semua pemangku kepentingan, terutama industri dan mahasiswa. Reputasi AKPINDO telah dibangun selama lima dekade.

Why choose us

VISI

Menjadi Perguruan Tinggi Pariwisata Unggulan Yang Meluluskan Sumber Daya Manusia Pariwisata Berakhlak Mulia, Berkarakter Pancasila, Memanfaatkan Teknologi Dan Berdaya Saing Secara Global di Tahun 2025.

Misi

      • Menyelenggarakan pendidikan bidang pariwisata yang berkualitas dan berkarakter.
      • Melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bidang pariwisata yang berkualitas, tepat guna, dan berkelanjutan yang mendorong peningkatan daya saing institusi.
      • Meningkatkan kerjasama yang produktif berkelanjutan dengan berbagai institusi nasional, regional maupun internasional.
0 +
Students Enrolled
0 +
Courses Uploaded
0 +
People Certifie
0 +
Global Teachers
Butuh bantuan? Chat kami